Oktober 22, 2011

Tutorial Mencari Regresi dengan SPSS

Halo sobat pada posting kali ini saya ingin sharing tentang cara mencari regresi linear menggunakan SPSS, okey langsung saja ikuti beberapa langkah dibawah ini :
1. Catat data yang kita punya di Ms Excel atau mau langsung, saya sarankan sih di excel saja biar gampang digunakan pada software lain seperti eviews. tapi jangan lupa seting dulu desimal di kompoternya ke tanda titik(.) karena SPSS tidak bisa membaca desimal dengan tanda Koma (,)..misal saya telah mentyping data denga y=GDP x1=Impor dan x2=IHM, hasilnya seperti ini :

 2. Buka SPSS dan akan muncul gambar di bawah ini

 3.  Seelah itu copy  data di dalam excel yang diberi tanda merah maka hasilnya akan seperti ini :

 4.  lalu klik menu variabel view yang ada di sudut kiri bawah Spss dan akan menghasilkan :

 5.  Gantilah bagian yang dilingkari merah Secara beruutan di row "Name" 1)x1 2)x2 3) y dan row "label" secara beruurtan 1) impor 2)ihm 3) GDP    ----di isi sesuai kebutuhan data-------. setelah itu di isi maka plih pada menu bar Analyze>>Regrresion>>>linear dan akan muncul :


 6. Masukan variabel GDP ke Variabel Dependent lalu Impor dan IHM ke Variebel Independent. setelah itu pilih menu statistic maka akan muncul :
7. Centang lah sesuai dengan gambar lalu klik continue, setelah itu klik menu Plot dan akan muncul :

8. masukan DEPENDNT *ZPRED KE Scatter Y sesuai gambar dan  DEPENDNT *ZRESID ke Scatter X dan klik continue llu klik OK dan Selesai....

Nah begitulah cara menlakukan analisis regresi linear dengan menggunakan SPSS. semoga bermanfaat,,untuk versi Pdf nya bisa di download di link INI. sampai jumpa di postingan selanjutnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar